Minggu, 08 Januari 2012

Drafting



Drafting merupakan langkah awal clan war yang memiliki resiko sangat riskan jika anda melakukan kesalahan. Drafter / Kapten team harus memiliki pengetahuan yang melebihi daripada anggota team nya.

Pengetahuan yang sangat penting harus diketahui antara lain :

1. Changelog / Perubahan versi map Dota
Kapten team harus up to date mengenai perubahan versi map dota yang ada. Changelog nya dapat dilihat di www.getdota.com . Hal-hal mengenai perubahan status seperti STR, AGI, INT, ARMOR, dll sangat penting dikuasai oleh kapten team. Karena perubahan sedikit sangat mempengaruhi dari potensi dari hero tersebut.

2. Team Power (Kekuatan Team)
Drafter/kapten team tentu harus mengetahui kekuatan dari team nya itu sendiri. Dimana kapten harus mengetahui kebisaan dari anggotanya, hero apa saja yang dapat digunakan dan tidak bisa digunakan. Kemenangan tidak akan diraih ketika salah satu anggota team anda paksakan menggunakan hero yang tidak bisa dia gunakan. Anda dapat saja bertanya ketika sesi pemilihan hero, apakah anggota team anda dapat menggunakan hero tersebut dengan baik atau tidak.

3. Enemy Power (Kekuatan Musuh)
Baik kapten atau anggota team ketika berada di suatu turney harus memperhatikan permainan dari lawan yang akan dihadapi. Tentu saja sangat menguntungkan ketika anda melakukan banned hero favorit/unggulan dari lawan anda. Lawan anda akan kebingungan ketika hero favorit/unggulan nya tidak dapat digunakan. Maka waktu berpikir untuk pemilihan hero yang digunakan lawan anda akan semakin lama dan tentu saja lawan anda akan merasa kebingungan untuk memilih hero dan mungkin akan terjadi OUTPICKED yang akan menguntungkan anda.

4. Hero Counter
Drafter harus sering melakukan clan war untuk sampai ke sesi hero counter ini. Hero counter akan terbayang dibenak anda apabila sudah pernah kalah dengan hero tersebut dan ketika war selanjutnya anda dapat mengalahkan hero tersebut. Jadi jangan takut ketika lawan anda menggunakan hero-hero TOP PICK pada replay-replay luar negeri ketika anda sudah memiliki counter untuk hero tersebut. Jujur saya merasa miris melihat permainan dota yang terlalu mengikuti perkembangan replay-replay luar. Disini saya tidak akan menjelaskan hero apa yang menjadi counter hero blablabla. Karena anda akan memiliki pengalaman tersendiri untuk melawan hero tersebut dan setiap drafter/kapten team memiliki pola pikir yang berbeda.

5. Hero Roles (Peran dari Hero)
Hero roles merupakan pengetahuan yang harus dikuasai oleh kapten dan anggota team. Saya akan menjelaskan hero roles yang lebih terperinci di bagian Hero Roles (belum update). Dalam clan war yang terdiri dari 5 anggota memiliki peran masing-masing yang berbeda. Peran-peran yang dapat dimainkan agar permainan clan war menjadi rapi yaitu Playmaker, Late, Suport, Ganker, Wing/Pusher. Setiap team harus memiliki kelima peran tersebut agar permainan menjadi terasa indah. Untuk cara bermain dengan peran tersebut akan saya bahas di bagian Gameplay (belum update).

6. Strategi
Dalam permainan dota, kapten harus memiliki banyak strategi untuk mengalahkan lawan. Disini kapten harus memiliki rencana cadangan atau Plan B bahkan bila perlu sampai plan C atau plan D dan seterusnya. Karena dimana-mana sesuatu yang sudah direncanakan tidak akan berjalan mulus sesuai dengan rencana yang kita harapkan.

Hal-hal diatas merupakan hal yang harus diperhatikan saat dan sebelum drafting.

Ada 4 session pada prosses drafting.


Ban Phase #1
Sesi pertama dari drafting merupakan sesi pembuangan 3 hero.
Hero-hero yang perlu dibuang adalah
- Hero yang menjadi TOP BAN/PICK pada replay-replay luar negeri yang sedang ngetrend
- Hero yang jago digunakan oleh lawan
- Hero counter yang meng-counter hero yang akan anda gunakan
- Hero yang tidak ingin anda lawan atau pernah trauma dengan hero tersebut

Pick Phase #1
Sesi kedua dari drafting merupakan sesi pemilihan 3 hero. Pada sesi saya bagi menjadi 2 mode, yaitu mode 1st pick dan 2nd pick. Mode 1st pick, pilihlah hero yang benar-benar PD digunakan team anda. Atau jika anda bingung dengan hero yang akan gunakan, pilihlah hero suport pada saat first pick seperti Rylai, Venge, Levi, Raigor. Sehingga ketika musuh mendapatkan dobel pick, anda akan dapat counter hero double pick tersebut. Mode 2nd pick, pada mode ini anda akan mendapatkan keuntungan memilih 2 hero. Pilihlah 1 hero yang sangat PD anda gunakan dan satu lagi counter dari hero tersebut. Misal SF dan Venge, BM dan Sandking, dll.

Ban Phase #2
Sesi ketiga dari drafting adalah pembuangan 2 hero. Pada sesi ini buanglah 2 hero yang role nya blum ada pada mode pick phase #1, atau buanglah 2 hero yang memang tidak anda ingin lawan, atau buanglah 2 hero counter dari hero simpanan anda.

Pick Phase #2
Sesi terakhir dari drafting adalah sesi pemilihan 2 hero trakhir. Pada sesi ini anda pasti sudah punya hero simpanan yang akan anda pilih pada akhir-akhir. Hero yang sudah anda buang counter nya pada ban phase. Atau hero yang belum ada peran nya pada sesi pick phase #1 


Contoh Good Drafting dari pertandingan Panda vs Tylo | Replay

Analisa :

Pada ban phase #1 terlihat bahwa hero-hero yang dibuang merupakan hero-hero yang sangat menyusahkan. Pada pick phase #1 terlihat bahwa panda bingung dengan hero yang digunakan sehingga dia memilih ES untuk 1st pick, kemudian di balas Tylo dengan dobel pick WR dan BM yang merupakan hero yg sedang naik daun pada masa ini. Panda kemudian mengkombokan AA dan Clock (combo hook Cog, Ulti AA, 1 hero pasti mati). Disini AA berfungsi sebagai playmaker dan Clock sbagai wing. Tylo memilih CK sebagai hero multi role yang perannya disini untuk sebagai carry yang membantu mini war sehingga BM bisa farm sebagai wing dan mencari tower. Ban phase #2 Panda membuang 2 hero suport karena tylo blum memiliki hero suport dan Tylo membuang 1 suport dan 1 wing karena perkiraan Tylo, AA sebagai suport dan clock Playmaker. Pick phase #2 Panda memilih 1 suport dan 1 carry sedangkan Tylo memilih kedua suport dan ganker yang belum dipilih. Disini terlihat bahwa semua peran/role sudah terisi sehingga permainan pun terlihat menarik.

0 komentar:

Posting Komentar